fbpx SMP Brawijaya Smart School » Pesta Demokrasi SMP BSS “Manunggaling Laku Agawe Parubahan”
Slider
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
11/09/2019 - Winda Ratna Siswaningtyas, S.Pd. - Berita

Satu Minggu yang lalu telah diadakan pesta demokrasi di SMP Brawijaya Smart School Malang, tepatnya mulai tanggal 29 Agustus sampai puncaknya tanggal 5 September 2019. Pesta Demokrasi ini diwujudkan dalam kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Brawijaya Smart School Masa Bhakti 2019/2020 dengan tema “Manunggaling Laku Agawe Parubahan” yang artinya menentukan langkah untuk mewujudkan suatu perubahan positif bagi SMP Brawijaya Smart School tercinta.

Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) adalah salah satu organisasi siswa yang ada di SMP Brawijaya Smart School, yang pada kegiatan ini bertindak sebagai  penyelenggara atau panitia pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Brawijaya Smart School Masa Bhakti 2019/2020. Panitia Pemilihan dari MPK terdiri atas siswa kelas 7 dan 8 sejumlah 34 siswa. Ada 2 pasang kandidat yang terpilih untuk menjadi calon Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Brawijaya Smart School Masa Bhakti 2019/2020. Kandidat pertama dengan calon ketua Vania Chavvah Kristanti kelas 8C dan calon wakil ketua Nasya Estrella Nirwasita kelas 8E. Kandidat kedua dengan calon ketua Makoto Lazuardi Madani kelas 8B dan calon wakil ketua Hanna Rachmadea Jasmine Kelsa 8B.

Ada tiga kegiatan utama dalam acara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Brawijaya Smart School Masa Bhakti 2019/2020, yaitu kampanye kelas, kampanye terpusat atau debat, dan pencoblosan. Semua kegitan ini dilakukan di SMP Brawijaya Smart School.

Kampanye kelas dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 29 Agustus 2019, 2 September 2019, dan 3 September 2019. Pada kegiatan kampanya kelas calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan visi dan misi di masing – masing kelas 7, 8, dan 9. Penyampaian visi dan misi ini dilakukan di sela-sela waktu pelajaran berlangsung yaitu jam ke 5 dan 6.

Kampanye terpusat atau debat dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 September 2019 jam pelajaran ke 9 dan 10 atau setelah sholat Dhuhur sampai jam pergantian UMMI. Pada kegiatan ini, calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan visi dan misinya masing – masing. Selain itu Kandidat no 1 dan 2 saling berbeda pendapat dan saat itu debat berlangsung sangat sengit. Ada tiga juri yang mneilai debat tersebut, yaitu Bu Indri (Koordinator Tata Tertib Sekolah), Bu Nahla (Guru Bimbingan Konseling), dan Bu Lia (Guru PPKn).

Pencoblosan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 5 September 2019 di Aula SMP Brawijaya Smart School. Ini adalah acara puncak dari Pesta Demokrasi SMP Brawijaya Smart School. Semua siswa kelas 7, 8, dan 9 beserta bapak ibu guru dan karyawan SMP Brawijaya Smart School melakukan pencoblosan. Pencoblosan dilakukan mulai jam pelajaran ke 3 sampai jam pelajaran ke 8 atau sampai sebelum sholat dhuhur. Secara bergantian siswa melakukan pencoblosan di aula dan didampingi panitia siswa MPK agar kegiatan bisa terlaksana dengan tertib dan aman. Kegiatan tersebut diawali dengan pemanggilan siswa di kelas, kemudian dibawa ke aula. Selanjutnya siswa dipanggil satu persatu untuk tanda tangan dan diberikan kertas surat suara. Setelah menerima surat suara, siswa menuju bilik suara untuk menentukan pilihannya, kemudian surat suara dimasukkan ke kotak suara. Seperti pada pemilu, pada pemilos ini pun siswa mencelupkan telunjuk kirinya ke tinta yang menandakan siswa tersebut sudah melakukan pencoblosan. Pada jam pelajaran ke 9 dan 10 dilakukan penghitungan suara yang dilakukan sie kesekretariatan panitia MPK dan disaksikan oleh Pembina MPK, Ketua Pelaksana dan Sekretaris Panitia Pemilos, serta dua siswa wakil masing – masing kelas. Perolehan suara terbanyak diraih oleh kandidat 2, yaitu Makoto Lazuardi Madani dan Hanna Rachmadea Jasmine untuk selanjutnya akan dilantik Kepala Sekolah SMP Brawijaya Smart School menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Brawijaya Smart School Masa Bhakti 2019/2020.

Oleh : Ahmad Tiar Panca, kelas 8B SMP BSS

Back to top