fbpx SMP Brawijaya Smart School » Semarak Gebyar 1 Muharram 1441 H
Slider
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
07/09/2019 - Sihabuddin Al Asyimi, M.Pd - Berita

Bertepatan dengan hari Minggu, 1 September 2019 umat Islam di seluruh dunia memperingati pergantian tahun baru Hijriyah. Di penghujung tahun 1440 H dan masuknya tahun 1441 H menjadi penanda ada sesuatu yang perlu kita hitung dalam kemasan introspeksi (muhasabah) agar  dapat kita jadikan bahan pijakan dalam menempuh kebaikan. Peringatan 1 Muharram memiliki makna yang lebih dari sekadar perayaan.

SMP Brawijaya Smart School  menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah dengan berbagai kegiatan yaitu pawai kirab 1 Muharram dan lomba lypsinc yang dilaksanakan hari Jumat 6 September 2019.

Sebelum kegiatan pawai berlangsung, Wakil Kepala Sekolah urusan  Kurikulum SMP BSS, Ibu Lianita Istiqomah, memberikan pengarahan. Pada kesempatan tersebut, Ibu Lianita menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk memperingati tahun baru Islam ini hendaknya dapat menjadi motivasi untuk hijrah ke arah yang lebih baik lagi, terutama dalam menjalankan ajaran Islam.

Pawai peringatan tahun baru Hijriah dimulai pada pukul 07.00 WIB di halaman SMP Brawijaya Smart School dengan peserta yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9 dengan membawa  poster ajakan untuk menyemarakkan tahun baru Islam di sepanjang jalan. Dimulai dari lapangan SMP BSS kemudian lanjut ke Jalan Veteran dan Transmart MX Mall, Sport Center Universitas Brawijaya, SD Penanggungan, Kelurahan Penanggungan, dan berakhir kembali di Lapangan SMP BSS. Kegiatan  dilanjutkan dengan  shalat Dhuha berjamaah yang dipimpin oleh anggota SKI (Sie Kerohanian Islam) SMP BSS.

Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah dilanjutkan dengan kegiatan lomba lypsinc yang diikuti oleh perwakilan kelas 7, 8, dan 9. Pada lomba ini, yang bertindak sebagai juri adalah Bu Yuli Puji, Bu Fausyiah Respati, dan Bu Devita Sovi. Dalam kegiatan lomba tersebut, yang terpilih menjadi juaranya adalah sebagai berikut.

Jenis Lomba Juara 1 Juara 2 Juara 3
Kirab 9C 7B 8C
Lypsinc 8D 8E 7A

Kegiatan 1 Muharram dilakukan oleh SMP Brawijaya Smart School untuk memeriahkan tahun baru Islam 1441 Hijriyah, dengan harapan generasi generasi muda, khususnya siswa SMP Brawijaya Smart School,  lebih cinta terhadap ajaran-ajaran Islam, lebih kokoh keimanannya dalam menjauhi segala yang haram sebagaimana  yang tertuang dalam Alquran dan Hadis Nabi Muhammad SAW.

Oleh: Sihabuddin Al Asyimi, M.Pd.

 

Back to top