UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Ditulis pada tanggal 27 April 2017, oleh admin, pada kategori Berita

MALANG – Pada 2 Mei mendatang, seluruh siswa kelas IX akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di SMP Brawijaya Smart School (BSS), sebanyak 119 siswa akan melaksanakan ujian menggunakan laptop masing-masing milik siswa. Ujian hanya dilakukan satu sesi dan terbagi dalam empat ruang ujian.

Waka Kurikulum SMP BSS, Lianita Istiqomah S.Pd menuturkan begitu mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan UNBK jenjang SMP, sekolah langsung memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa.
“Pada sosialisasi pertama, sebanyak 30 siswa belum menyanggupi membawa laptop pribadi sehingga pelaksanaan simulasi dilakukan di laboratorium sekolah. Di sosialisasi kedua, Alhamdulillah semua siswa sudah siap dengan laptop masing-masing,” ujarnya.
Pelaksanaan simulasi UNBK sekolah dilakukan dengan menggunakan laptop siswa. Selain itu, semua jenis ujian di sekolah selain USBN telah dilakukan dengan online menggunakan software milik sekolah sehingga diharapkan siswa terbiasa mengerjakan ujian dengan sistem online.
Mengenai persiapan materi, siswa kelas IX telah diberikan bimbingan belajar sepulang sekolah selama satu jam dan try out mandiri sejak semester pertama.

“Yang semester pertama masih menggunakan kertas, baru semester kedua menggunakan online,” terang Lianita.
Selain itu, untuk mensukseskan UNBK dari sisi mental siswa diberikan motivasi dan doa bersama dengan orang tua siswa. Sekolah juga mengagendakan doa bersama di panti asuhan. Hari ini, seluruh siswa SMP BSS kelas 7, 8 dan 9 akan melakukan doa bersama menjelang pelaksanaan UNBK.
“Adik-adik kelas 7 dan 8 diikutsertakan agar bisa mendoakan kakak kelasnya,” ujar Lianita.
Untuk persiapan teknis, hari ini SMP BSS akan melakukan pengesetan kabel dan pengecekan laptop milik siswa, pengarahan UNBK dan doa bersama. Sedangkan untuk hari Jumat digunakan untuk hari tenang sehingga siswa libur dan belajar di rumah. (mg19/oci)

Sumber: http://malangpost.net/pendidikan/unbk-smp-bss-manfaatkan-laptop-siswa

Back to top